Sabtu, 16 Maret 2013

Pisang Tongka Langi'

di gantung di rumah ipar saya

Ada yang tahu jenis pisang ini?
Saya sendiri baru saja melihat dan mencicipi pisang ini kemarin.
Menurut suami saya, pisang ini asalnya dari Ambon dan hanya bisa tumbuh di sana saja. Bentuknya aneh karena tidak seperti pisang lain pada umumnya, jenis pisang ini tumbuh menghadap ke atas sehingga di sebut pisang tongka langi' (tongka = menahan/menopang, langi'=langit). Seperti kita ketahui, pisang lain biasanya menghadap ke bawah.

gambar dari sini

Saya sih percaya saja apa kata suami saya. Tapi saya mencoba googling, dan menemukan bahwa memang pisang ini berasal dari Maluku. Pisang ini ukurannya cukup besar, dan karena penasaran saya langsung coba mencicipi. Rasanya manis agak sepat sehingga malah meninggalkan rasa gatal di lidah dan langit-langit mulut. Ternyata memang pisang ini bukan untuk langsung di konsumsi. Biasanya di olah terlebih dahulu misalnya di bakar atau dapat dijadikan bahan untuk membuat cake. (haha.. dasar saya rakus, main hantam saja... )
Oh ya, daging buahnya berwarna kuning nyaris orange, dan pssst... menyebabkan air seni kita berwarna kuning (jadi ingat obat Ri**mp**c*n).
Yukk... di coba...

12 komentar:

  1. wow...baru tau saya mak...hmmm...kakak saya juga ada yang tinggal di Maluku, Tual dan Dobo tepatnya. ada gak ya pisang ini? nanya dulu kali ya hihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya ada mak, karena tersebar di daratan Maluku..

      Hapus
  2. Ngeliat yang kuning seperti ini belum pernah mam..
    tapi ada juga jenis lain yang jantungnya warna merah muda, menghadap ke atas juga..., kayaknya itu pisang hias deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, ada ya..? malahan saya belum pernah lihat yang itu..

      Hapus
  3. Balasan
    1. Iya, mengahadap ke atas langit..

      Hapus
  4. Wah baru tau jenis pisang yg ini. Sayang ya ga bs dimakan langsung, hrs diolah dulu ga kayak pisang Ambon hihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, hehe.. gak bisa di makan langsung, padahal dari luar kelihatan menggiurkan qiqiqi...
      setelah di makan.. uhhhh.. gatalnya...

      Hapus
  5. baru tau sm pisang ini, kl diolah, emang rasa sepat dan gatalnya bs hilang, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. katanya di buat jadi tepung pisang mak, jadi nggak gatal lagi..

      Hapus
  6. Aku baru tau tentang pisang inih lho...

    kelihatan dari warnanya sih kayak yang udah mateng yah...
    tapi ternyata rasanya sepet yah?...

    ternyata warnanya menyesatkan yah...hihihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuppp, warnanya menipu... huhuhu..

      Hapus