Kamis, 17 Januari 2019

Cantik di Era Milenial



Beberapa hari lalu seorang teman curhat kepada saya mengeluhkan kulitnya yang seperti berasa terbakar, dan juga agak  gatal.  Saya yang suster bukan dokter juga bukan mencoba menggali kira-kira apa masalahnya. Ternyata beberpa hari belakangan ini dia kerap mengoleskan sebentuk lotion yang lagi ngehits dengan harapan kulitnya yang kecoklatan bisa lebih bersih alias lebih putih. Memang sih, kebanyakan masyrakat kita sekarang ini mengira dengan berkulit putih mulus tentunya sudah termasuk cantik dan akan memesona sehingga semua mata akan tertuju padamu. Tapi hei.. coba lihat para bule yang berkulit putih malahan sengaja datang berjemur di negara tropis kita ini demi mendapatkan kulit cokelat yang eksotis. 

Oke, balik ke si body lotion tadi. Saya tidak menjudge si body lotion adalah penyebab kulit teman tadi jadi berasa gatal alias ada reaksi alergi. Bisa saja memang karena kuliti kawan saya yang sensitif dan tak cocok dengan produk tersebut. Namun di masa sekarang ini, era milenial kalo orang bilang, mestinya kita berhati-hati dalam menggunakan produk yang kita konsumsi  alias kita gunakan sehari - hari.  Seperti contoh  kosmetik yang kita pakai setiap hari. Semua orang tentu kepingin cantik. Namun   terlihat cantik tentu harus dengan kiat - kiat tertentu.

sumber : instagram bpom


Dengan berkembangnya era digital,  produk kecantikan pun ikut mengikuti perkembangan jaman. Berbagai produk baik yang merupakan produk MLM ataupun produk keluaran pabrik bermerek kelas wahid dengan mudah kita akan temukan menjamur pemasarannya secara online. Buka saja  bukal*pak ataupun toko online andalan gue si Shop*pe., ketik produk kosmetik yang kau inginkan, dan taraa… berbagai harga muncul dari yang terendah hingga yang membuat kau harus merogoh kantong dalam-dalam. Tinggal klik, dan barang akan segera meluncur ke rumahmu. Nah, disinilah perlu kehati-hatian.  Pernah tidak  terpikir untuk mengecek roduk itu terlebih dahulu. Apa hanya karena testimony dari si penjual atau beberapa orang maka kita lantas percaya produk tersebut akan juga cocok buat kita.

Hal penting yang harus kita lakukan adalah cek legalitasnya. Konsumen cerdas pasti tau produk berkelas dan terpercaya mestinya  sudah memiliki label yang menunjukkan keamanannya.
Pernah tidak mendengar slogan Cek KLIK.  Slogan ini begitu mudah diucapkan hingga tentunya takkan menyusahkan apabila kita mengaplikasiannyya, Cek KLIK , terdiri dari cek kemasan, label, ijin edar, dan kedaluwarsa.

·       Cek Kemasan

Ngapain kita perlu cek kemasan segala? Pertama kali kita membeli sesuatu pasti kita akan melihat kemasannya.  Tandai kemasan yang sering kamu pakai. Hati-hati jika kemasan tiba-tiba berubah atau ada sedikit perbedaan. Lihat kemasan, jika pake dos, apakah dosnya sobek, lecek, penyok bahkan terlihat kusam. Itu bisa jadi karena kesalahan saat pengiriman (ini jika kamu beli via online lho). Namun tidak  menutup kemungkinan jika memang itu adalah produk yang tidak layak alias tidak aman untuk kamu pakai.

·         Cek Label

 Label jelas hal selanjutnya yang perlu kita lihat. Jadi ingat anak saya yang selalu membaca label makanan yang akan dia makan, semisal mie instan maka akan dia perhatikan cara memasak yang terulis pada kemasan hingga jika kita tak mengikuti aturan tertulis itu dia akan protes. Itu contoh sederhana. Jelas kita mesti memperhatikan label, beberapa merek kosmetik seringkali dipalsukan dengan mengubah salah satu atau beberapa huruf. Contoh saja  misalnya, produk makanan seperti ayam goreng yang terkenal, K*C, akan ditulis ke**si oleh penirunya. Aman tidak kalau kamu mengonsumsi merek second alias merek palsu, ? Kamu sendiri yang pilh ya.
Jadi ingat kasus seorang emak yang mempermasalahkan kemasan sebuah obat batuk anak. Jika dulunya botol tersebut  berbahasa kebarat-baratan, namun sekarang sudah keindonesiaan.. Nah, inilah contoh konsumen cerdas, dia mengetahui ada yang aneh dari obat yang biasa digunakannya, dan ternyata meski itu hanya perubahan nama dan pada akhirnya jelas bahwa obat tersebut benar telah terdaftar namun dia jeli untuk mengetahui dan mempertanyakan hal tersebut. Begitu pula kalian wahai para gadis milenial ataupun emak-emak cerdas yang pingin tetap kelihatan cantik biar disayang suami. Kosmetik  yang akan kamu beli untuk nantinya kamu gunakan mesti diperhatikan labelnya. Nama produk, komposisi, kegunaan, nama produsen, ukuran, isi, dan seterusnya. Hal- hal tersebut wajib kamu baca ketika membeli sebuah produk.



·         Cek Izin Edar

Langkah selanjutnya setelah mengecek label adalah dengan melihat apakah kosmetik yang kita gunakan ini sudah terdaftar apa belum.  Lembaga yang bertugas mendetekesi dan mengeluarkan ijin untuk segenap makanan, obat dan bahkan termasuk kosmetik adalah BPOM alias Balai Pengawasan Obat dan Makanan. Namanya saja lembaga pengawas, jadi sudah jelas tentu merekalah yang berhak mengeluarkan ijin edar setiap produk yang layak konsumsi. Mau tau apa produk yang kamu konsumsi termasuk kosmetik mu aman dan sudah terdaftar, gampang banget.. langsung aja buka cek.bpom.pom.go.id  . Masukkan nomor yang ada. Kalau muncul tulisan seperti gambar di atas berarti produk kamu aman, karena sudah melalui uji dari BPOM. Lebih mudah lagi, bahkan sudah ada  aplikasi yang dengan gampang kamu download di playstore  kamu.  Cari saja cek  BPOM, pasti ketemu. Semudah menemukan toko online  yang tanpa ongkos kirim.  




 Ketikkan  saja nomor ijin edar produk yang kamu mau tau  keabsahannya di kolom kata kunci. Mudah kan? Hasilnya   akan  terlihat  seperti  di  bawah  ini. (maap yah kalau  ada coretan)



·         Cek Kadaluwarsa

Ini yang terakhir dan tentunya juga sangat penting. Produk kamu kemasannya sudah layak, label oke, bahkan dicek di link bpom, sudah terdaftar.. eh, tau-tau pas mau dipake sudah lewat masa kadaluawarsanya gak banget kan ya.. Kayak makan jambu yang kulitnya mulus pas digigit eh ada ulat yang nongol. Perhatikan ya, di setiap produk akan tertera  batas tanggal kedaluwarsa. Perhatikan baik – baik, karena kadang ada pula yang menyangka tanggal pembuatan sebagai  tanggal kedaluarsa. Beda  ya,  tanggal pembuatan biasanya tertulis MD (manufactured date) sedangkan kedulawarsanya akan tertulis dengan  huruf  ED (expire date)


Mari menjadi konsumen cerdas yang dapat melindungi diri dari berbagai ancaman dan serbuan kosmetik yang beresiko bagi kesehatan  diri sendiri. Apalagi jaman online sekarang ini di mana apa-apa tinggal klik handphone dan barangpun datang meluncur. Pengen cantik juga mesti cerdas. Apalagi kalau kamu ngaku anak milenial yang canggih. 
Wahai kamu yang ingat tagline sebuah lirik lagu ini pasti sejaman dengan saya… Hehehe…
Kamu cantik… cantik dari hatimuuuu…. "

Pingin cantik?
Jangan lupa Cek Klik.

Pilih kosmetik?
Ingat Cek  Klik






sumber  :  instagram bpom


1 komentar:

  1. Rasakan sensasi judi kartu dengan dibekali dengan server terbaik di Indoenesia. Anti Robot, Fair Play 100% player vs player, No Admin, Layanan 24 jam penuh non stop. Kemenangan berapapun dibayarkan langsung tanpa di tunda-tunda, cukup bermodalkan 10rb anda dapat menikmati 8 permainan dalam 1 user id. Hanya di PokerVita anda dapat merasakan kemenangan setiap hari dengan mudah.

    Fasilitas :
    * Minimal Deposit : 10.000
    * Minimal Withdraw : 25.000
    * Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
    * Bonus REFFERAL 15% Seumur hidup tanpa syarat
    * Bonus TurnOver Mingguan 0.5%
    * Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
    * Sistem keamanan Terbaru & Terjamin
    * Poker Online Terpercaya
    * Live chat yang Responsive
    * Support transaksi bank LOKAL

    Contact us :
    WA: 0812.2222.996
    BBM : PKRVITA1 (HURUF BESAR)
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    BOLAVITASPORTS PREDIKSI SKOR TERPERCAYA DAN TERAKURAT

    JADWAL SABUNG TERLENGKAP agen adu ayam terbesar sejak 2014

    BalasHapus