Jumat, 09 Maret 2012

Pilek

Kamu pernah pilek?
pasti pernah... dan jangan tanya ke saya, soalnya saya juga lagi menderita penyakit ini sekarang... :(
Huahhh,, rasanya gak enak banget.. Saya paling tidak suka kena pilek..
Kemarin gejala awalnya cuma bersin-bersin kecil, eh tiba2 kepala mulai pening,
Saya coba menghalangi si virus pilek dengan minum vitamin C dosis tinggi, eh masih kurang, saya tambah lagi dengan jus jeruk tapi masih juga ada tanda2 si pilek akan muncul. Hiks..hiks.. nyerah deh, maka sayapun lebih memilih istirahat sebentar dan berbaring. Tapi rupanya tidak bisa, ingin istirahat tapi si kecil dengan manjanya mengajak bermain, padahal saya mencoba menghindari kontak dengannya takut dia juga tertular. Iseng-iseng karena ganasnya terkena pilek saya coba search tentang pilek, dan saya mendapatkan ini.
kalau kamu malas membuka linknya, saya tuliskan intinya saja :
  • katanya butuh 2 hari bagi si pilek untuk menginvasi tubuh kita, 
  • senjata terbaik melawannya adalah dengan olahraga (mendapatkan fakta bahwa saya tak pernah berolahraga),
  • pilek umumnya muncul karena kurang tidur.. (betul jg sih, soalnya beberapa hari ini saya kurang tidur),
  • kamu tidak bisa melawan pilek dengan jus jeruk (pantesan aja, saya kalah perang karena senjata saya salah satunya ini)
  • bisa juga menggunakan senjata bunga echinacea (kayaknya saya akan mencoba ini, ada obat penambah kekebalan yang mengandung bahan ini di apotek)
  • terdapat zat dalam asi yang bisa membantu mengatasi pilek (untunglah saya menyusui jadi tidak kuatir lagi si little baby kena pilek)
  • virus pilek bisa membuat gemuk.. wouwww,, sy yang kurus ini moga2 dapat efek samping pilek ini..
  • minuman panas dapat membantu, (wekkk,, padahal kemarin saya minum jus jeruk pake es, jelas sajalah saya salah)
  • manusia bisa kena 200x pilek seumur hidupnya (ngitung2 saya sudah berapa kali ya?..)
  • pilek hanya menular lewat kontak berkepanjangan.. (huahhh, saya jadi mencari-cari siapa yang menulari saya.. hei.. siapa..?.. siapa?
Oh ya dari wikipedia saya menemukan bahwa Pilek adalah gejala yang timbul karena Influenza atau yang juga biasa lebih dikenal dengan nama Flu dan merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dari famili orthomyxoviridae. Pilek bukan hanya menyerang manusia tetapi juga binatang.

Virus influenza terdiri dari beberapa tipe antara lain tipe A, B dan C. Influenza tipe A terdiri dari beberapa strain antara lain H1N1, H3N2, H5N1 dan lain-lain. Jadi virus Flu Burung yang menakutkan itu rupanya termasuk tipe A.

Sambil menuliskan ini, hidung saya masih tetap meler,, tissu persediaan dari rumah tadi sudah habis.. Dan sangat menyiksa ketika kamu sedang pilek dan kondisi wajah menghadap layar komputer, artinya hidung tegak lurus ke bawah mengalirkan air berwarna bening.. sementara persediaan tissu sudah habis untuk mengganjal maupun mengelap si cairan ini, terpaksa satu2nya cara ya hidung menyedotnya balik  (tulisanmu jorok deh mbak Met..hiiiiii)
Iya deh, daripada di bilangin jorok, saya lari dulu ke kantin beli tissu...


______________


traaattttaa.... saya muncul lagi...
Oh ya saya teringat cerita kakak saya dulu seputar pilek ini, kalau dulu waktu kecil kan ingus2 itu keluar tanpa kendali. Biasanya anak2 kecil tak pernah pusing dengan ingus, mau sudah keluar dengan model angka 11 ataupun masih model angka 1 maka tidaklah memusingkan bagi si anak, tinggal sedot beres, dan lanjutkan bermain. Ataupun kalo ingusnya sudah kepanjangan langsung di gosok dengan baju atau dengan tangan.. beres... (sampai sini kok masih menjijikkan sih.. hiiii jadi malas bacanya..)
tapi jangan stop baca dulu kawan,, cerita lucunya belum di mulai.
Nah, cerita dari kakak saya begini.
Dulu waktu kecil, ada temannya yang lagi ingusan, trus Pak Guru tanya dia sebuah pertanyaan. Karena si anak ingusan ini tidak mampu menjawab, Pak Guru pun murka sehingga menjentikkan kedua jarinya (jari telunjuk dan jempol) pada hidung si anak. Malang bagi Pak Guru, si anak yang lagi ingusan begitu hidungnya di sentil langsung mengeluarkan ingus yang berbentuk balon, dannn... ptarr,, meletuslah si balon di tangan Pak Guru... hehehe..entah bagaimana kelanjutan ceritanya, tapi pelajaran moralnya : jangan pernah menyentil hidung anak ingusan eh maksudnya anak yang lagi ingusan..
Soal angka2 yang berhubungan dengan ingus seingat saya dulu waktu SD ibu Guru sempat memberikan teka-teki : Anak-anak, 11 - 5 berapa ?
Spontan kami menjawab 6 ibu guru.. Bu Guru bilang :" salah..."
"Lho, kok salah?... "
" Iya, jelas saja salah, 11 - 5 = 0" kata ibu Guru sambil memandangi seorang teman kami yang sedang ingusan dan ingus berbentuk angka 11 di hapusnya dengan kelima jemarinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar