Rabu, 27 Februari 2013

Tilanga'

Nah, perjalanan selanjutnya dari Ke'te' Kesu', kami meneruskan ke Tilanga'. Tilanga' sendiri adalah sebuah pemandian alam. Letaknya lebih dekat dari Makale ibukota Kabupaten Tana Toraja, sekitar 11 km. Pemandian alam ini berupa kolam batu dengan lebatnya pepohonan di sekeliling. Airnya cukup dingin. Tapi mungkin istilah sejuk lebih cocok kali ya.
Bebatuan kolam ini lumayan tajam. Membuka alas kaki, saya berjalan perlahan-lahan sambil menggendong si kecil untuk merasakan kesejukan air. sayang kami tidak bisa mandi-mandi karena tidak membawa pakaian ganti. Cukuplah dengan menyaksikan pengunjung lain yang sedang menikmati bercengkerama di dalam air, kami pun sudah cukup terhibur.
Kemudian ada beberapa anak kecil penduduk asli setempat melakukan atraksi lompat dari pohon yang cukup tinggi ke dalam air. Duh, berani sekali kau nak... Itu tingginya lebih dari 20 meter kayaknya.
Selain pemandian yang sejuk ini, hal lain yang menarik minat wisatawan untuk menghampiri tempat ini adalah dengan keberadaan moa, yakni sejenis belut besar yang hidup di kolam ini. Moa atau dalam bahasa Toraja Masapi, tidak dengan mudah dapat kita lihat. Hanya sekali-kali saja dia memunculkan dirinya. Sehingga ada kesan mistis yang sering muncul mengenai hal ini, yakni ada sejenis kepercayaan bahwa jika kita sempat melihat masapi dan mengajukan permohonan maka permohonan itu akan dikabulkan, tapi tentu saja permohonan yang diajukan untuk niat baik.. *Ih baik banget ya si Masapi...
Kalau dulu, waktu masih SMP kalau nggak salah, saya sempat melihat sendiri si Masapi ini. Waktu itu malahan ada begitu banyak berkeliaran berenang-renang tanpa merasa takut. Kita bisa memberi makan, selain dengan telur rebus yang jadi menu andalannya, juga kami sempat melempar-lempar potongan roti. Katanya ada anak kecil penduduk setempat yang jago memanggil masapi. Namun waktu itu kami buru-buru, karena Wilda sendiri celananya sudah basah, maka kami memutuskan untuk tidak belama-lama lagi. Semoga kelak di beri kesempatan untuk berkunjung ke sini lagi. :)
Oh ya, biaya masuknya adalah lima ribu rupiah/ orang.

"Mama, aku mau masuk ke situ..."

kolam bebatuan


tak sabar ingin ikutan mandi

"Mama, aku mau berenang.."

menanti atraksi bocah-bocah cilik

loncatan si bocah  cuma dapet byuuur-nya saja..

tuh, si bocah lagi manjat pohon tuk menghasilkan loncatan indah
pintu masuk ke kolam

10 komentar:

  1. aih jadi pengen nyemplung, mak :p itulah sebabnya kami tdk pergi kesana, takut 3boyz ga mau pulang n pasti minta nyebur, hadeuh...
    oo kalo ketemu masapi malah bagus ya mak, sy kayaknya bakal takut, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi.. Sama Mak, Wilda aja nangis2 gak mau pulang, suka sekali dia mau main air..
      Ketemu Masapi katanya berkah.. *katanya sih.. :)

      Hapus
  2. Airnya kayaknya jernih dan biru ya mbak, indah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jernih banget,, bahkan bisa ngeliat dasarnya..

      Hapus
  3. Baru td saya ngeblangsak kesana,jauh dari kesan horor justru menyejukan,awsome tilanga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih... yang ada memang suasana pedesaan yang alami... kesan horor muncul dari ceritanya saja memang.

      Hapus
  4. tempatnya masi alami bgt ya.. enak bgt kayaknya kesana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mak Myra.. brrrr... masih terasa dingin airnya... :)

      Hapus
  5. airnya jernih ya, jadi asyik tuh buat nyebur

    BalasHapus
  6. Aku juga penasaran sama masapi ini, cuma kmren beneran deh.. nggak cukup waktunya untuk berlama2 di Toraja :(

    BalasHapus