Rabu, 14 Agustus 2013

Selamat Hari Pramuka

Tadi pagi dalam perjalanan ke kantor, saya sempat melihat para anggota paskibra sedang latihan di bawah arahan bapak-bapak tentara. Tanggal 17 Agustus memang sudah dekat. Dan tiba-tiba saya tersadar, ini tanggal 14, yang berarti bahwa hari ini adalah Hari Pramuka. 
Jadi ingat jaman dulu, SD - SMU saya selalu aktif di Pramuka. Tapi yang paling aktif itu waktu SMP, meski tak sempat mencicipi rasanya ikut Jambore Nasional, tidak mengurangi kecintaan saya terhadap kegiatan Pramuka. Tiga kali seminggu kami rajin sekali ikut latihan. Bahkan sering sekali mengikuti perkemahan. Entah itu Persami yang diadakan di halaman sekolah, kadang pula bergabung dengan sekolah lainnya. Saya teringat kakak pembina kami, namanya Kak Ati'. Badannya agak gemuk dengan rambut ikal yang sering di ikat. Wajahnya manis, dan pandai sekali menyanyi. Setiap ada lagu baru, pasti beliau ajarkan. Bahkan kadangkala dia menciptakan lagu sendiri. Saya ingat salah satu ucapannya bahwa tunas kelapa itu sudah berakar dan tertanam dalam dirinya, itu sebabnya dia selalu mendedikasikan dirinya untuk Gerakan Pramuka. Sayang sekali beberapa waktu lalu saya mendengar kabar dari teman bahwa beliau sudah pergi menghadap Tuhan. Hiks... :'(

Belajar membuat simpul, membuat tandu dari tongkat dan tali, membuat tenda, menyampaikan pesan morse, semaphore serta hal-hal lainnya sungguh menyenangkan dan sangat bermanfaat. Sayang sekali, mungkin karena faktor usia kali, saya sudah agak lupa sekarang. Kadang kala kami pula berlatih untuk mendapatkan tanda-tanda yang di pasang pada selempang ataupun di baju (aduh sampai lupa namanya tanda-tanda itu, kalau nggak salah Tanda Kecakapan Umum), betapa senangnya jika mendapat tanda yang berbentuk segi lima /madya. Kami rela pergi mancing di sungai, memasak bersama di rumah teman, mengikuti halang rintang, memanjat tali di sebuah jembatan, dan lain-lain untuk mendapat tanda itu. Ah, sungguh menyenangkan kala itu.

Masih banyak lagi kenangan-kenangan masa-masa Pramuka yang begitu indah. Kalau di ingat-ingat, betapa culunnya kami masa itu. Namun ternyata latihan-latihan itu bukan tak berguna, akhirnya latihan-latihan itu menempa kami untuk menjadi lebih mandiri dan berani serta siap untuk selalu menghadapi tantangan. Jadi teringat dengan lagu ini : 

Kami Pramuka Indonesia
Manusia Pancasila
Satya ku kudarmakan
Darma ku kubaktikan
Agar jaya Indonesia
Indonesia, tanah airku
Kami jadi pandumu 

tunas kelapa





Selamat Hari Pramuka,
Mengutip dari twitnya Bapak SBY,
Selamat HUT ke-52 Gerakan Pramuka, semoga terus maju dan melahirkan tunas muda yang membawa bangsa menuju masa depan yang cerah & gemilang. *SBY*



1 komentar: